Jumat, 20 Agustus 2010 By: ArtiHapsari

Tafakur alam ke Lombok ala Arti

Tanggal 29-31 Juli merupakan tanggal istimewa bagiku. Seperti hadiah rasanya aku bisa pergi ke Lombok dalam adaca Employee Gathering. Acara yang cuman 2 minggu aja persiapannya.Wuiiih...aku yang masih magang bisa ikut ke Lombok untuk refreshing dari semua penat dan kesibukan pekerjaan. Employee Gathering ke Lombok. Seneng banget rasanya, seakan-akan di balik ujian dan nikmat yang datang silih berganti, kali ini aku mendapat sedikit hadiah dari Alloh..berlibur ke Lombok..gimana ga seneng, bagiku Lombok itu punya nilai yang spesial..Aku meniatkan keberangkatan kali ini sebagai tafakur alam supaya perjalananku lebih bernilai barokah di hadapan Alloh..

Kami dari kantor berjumlah 10 orang berangkat ke Lombok hari kamis tanggal 29 Juli jam 7 padi ketemuan di depan Permata-Cimahi...langsung cabut menggunakan jasa travel, dan di jalan tol kami istirahat sebentar..yang paling asik si..karena yang berangkat hanya sedikit, jadi seperti liburan keluarga. Karauke an di dalam mobil bikin ketawa, karena suara pas-pasan tapi dipaksa menyanyi nada tinggi..ya begitulah bapak-bapak kantorku...

Kita makan siang dulu sebelum masuk ke bandara, di rumah makan bandara..padahal di bulan sya`ban ini aku udah mengurangi sedikit demi sedikit kapasitas perut untuk persiapan ramadhan, tapi tak apalah..mumpung liburan..kita makan lah semua hidangan..uhuyyyy

Sebelum masuk bandara..bolehlah kita berfoto keluarga sebentar yakkk....

" Foto di Ban
dara Soeta" "Foto di Bandara Selaparang-Mataram"

Sampailah di pulau Lombok jam 4 sore..aku mengatakan lombok itu spesial karena memang ada beberapa hal yang membuat Lombok itu spesial. Yang pertama, Mataram adalah kota seribu masjid, dan aku adalah orang yang sangat mencintai masjid, jadi aku mencintai Lombok.. Yang kedua karena kebudayaannya yang masih kental. Kebudayaan islam kerajaan yang masih kental dan juga kebudayaan Hindu yang masih banyak dipengaruhi oleh Bali. Tapi herannya Lombok adalah pulau yang religi baik islam maupun Hidu. Hidup berdampingan dengan tetap memegang teguh keimanan masin-masing kepercayaan membuatku takjub dan terinspirasi bahwa sebagai seorang muslim kita jangan malu untuk menunjukkan jati diri kita meskipun kita berada dalam lingkungan yang heterogen..

Alasan yang ketiga adalah karena gubernur NTB adalah gubernur temuda di Indonesia, berasal dari keturunan kerajaan islam di Lombok dan dia juga lulusan Kairo.. Kita tahu bahwa ulama lulusan Al Azhar-Kairo adalah para ulama yang disegani. Selain beliau adalah gubernur muda, beliau juga seorang ulama...mantaplahhhh

Alasan keempat, karena kita bisa melihat Bali di Lombok tanpa rasa takut dihantui makanan-makanan Bali`s food..Warga Lombok sangat toleran dengan urusan ini. Bahkan umat muslim pun tidak menyembelih sapi karena sapi adalah binatang suci umat Hindu..

Perjalanan kami yang pertama adalah menuju istana narmada, yang merupakan istana kerajaan hindu pertama di pulau Lombok. di sana ada mata air yang disucikan dan dikeramatkan oleh orang Hindu...

" Foto Bersama di istana Narmada " "Foto di depan air keramat"

Perjalanan kami lanjutkan di hari itu juga ke pura Lingsar. Pura yang merupakan Pura tertua di Lombok dimana sekarang merupakan tempat peribatan 2 agama..Islam dan Hindu. Yang beraga Hindu di Pura Gaduh, kemudian yang beragama Islam di Kemaliq. Mereka mengelola bangunan tersebut secara bersama-sama sebagai simbol persatuan umat. Ada juga tempat wisata klenik dengan melemparkan koin ke kolam dan menyebutkan keinginan...aku siii ogahhh...kagak ada receh..

Di depan kolam inilah para wisatawan melemparkan receh. Kemudian yang unik lagi, sebagai rasa penghormatan terhadap rumah ibadah semua agama tersebut, pengunjung diwajibkan memakai selendang, kalo aku karena sudah memakai jilbab maka dianggap sudah menghormati...bagooossss

Perjalanan kami lanjutkan menuju rumah makan ayam taliwang dengan ayam istimewa khas lombok plus cah kangkung khas Lombok..Pada malam itu juga katanya Gubernur NTB mau makan di situ..wuihhh...bekas tempat makan kita kan dipakai gubernur..ehemm jadi terharu..

Setelah makan malam, kami
mampir ke tempat penjualan mutiara "asli" di Lombok. Mahal si..tapi kalo beli di Lombok termasuk murah..yahhh karena mama baru aja ulang tahun, aku kasih kado seperangkat mutiara..tapi yang air tawar aja ya mama, soalnya ga kuat dokunya kalo beli mutiara air laut...

Setelah selesai memborong mutiara, kami menuju hotel untuk membersihkan diri sebentar sebelum acara meeting dimulai. Yah, kan namanya aja employe
e gathering jadi akan ada sharing manajemen di sini..karena suasana hati senang, maka mpe malem juga kite seneng aja... Rapat dimulai jam 9 malem dan berakhir jam 00.30 WITA..keren ni meeting and sharingnya..

Trus waktunya bobok deh setelah kumpul ma bapak-bapak, di kamar aku sendirian aja meskipun doble bed dan harganya mahal pula...hehehe..okelah sweet room for me.. mari bobok...

Kita lanjutkan tafakur alamnya besok lagi ya ceritanya.....