Jumat, 25 Juni 2010 By: ArtiHapsari

Tak Ada Yang Kebetulan di Dunia Ini

Sering sekali dalam kosa kata kita menyebut kata kebetulan. Ketika ada rezeki mendadak kita mengatakan “kebetulan dapet rezeki nomplok”, ketika suami kita ganteng, kita juga mengatakan “Kebetulan aja dapet yang ganteng”. Ketika bertemu seseorang di jalan kita juga tak lupa mengatakan “ kebetulan ketemu di jalan”. Ketika ada sesuatu yang tertinggal kita juga mengatakan “ kebetulan barang saya ketinggalan”. Sebenarnya tidak salah mengunakan kosa kata tersebut, karena kita sama-sama mafhum apa yang sebenarnya ingin dikatakan seseorang tersebut dan sudah menjadi kebiasaan kata tersebut terlontarkan untuk merendahkan diri kita..


Tapi sebenarnya jika kita cermati, penggunaan kata tersebut seakan-akan menghilangkan peranan Alloh dalam aktivitas kita yang kebetulan tersebut. Dalam masalah rezeki nomplok kita mengatakan itu hanya kebetulan, padahal sesungguhnya Allohlah yang mengatur besar kecil rezeki kita, meskipun menurut kita itu terjadi di luar kebiasaan rezeki yang Alloh berikan kepada kita.

Dalam masalah jodoh juga seperti itu, tidak ada kebetulan kita mendapat pasangan yang ganteng / cantik, semuanya sudah tertulis dalam kitab Lauhul Mahfudz. Rupa yang bagaimana, rezekinya berapa, sukunya dari mana dan segala macam detail jodoh kita tidak ada yang kebetulan. Jadi penggunaan kata kebetulan juga sebenarnya kurang tepat untuk membahasakan urusan jodoh.

Kisah pertemuan dan perpisahan kita dengan seseorang juga merupakan takdir dan ketentuan Alloh. Jika di jalan kita bersua dengan seseorang kemudian kita menceritakan seakan-akan itu adalah sebuah kebetulan, maka sebenarnya kita turut menghilangkan peran Alloh dalam pertemuan kita. Bertemunya kembali kita dengan seorang yang telah lama tak bersua sebenarnya itu merupakan skenario Alloh, ada jalan Alloh yang mempertemukan dua insan yang telah lama tak bersua kemudian berjumpa kembali. Tak ada yang kebetulan dalam kamus Alloh, semuanya sudah direncanakan sesuai dengan maksud Alloh mempertemukan dan memisahkan kita. Jodoh kata lainnya.

Begitu pula dalam masalah jodoh, pertemuan dan perpisahan, semuanya bukanlah suatu kebetulan. Jika saja sekarang kita akhirnya menemukan “miracle” dalam hidup kita itu juga bukan suatu kebetulan. Pekerjaan kita, domisili sekarang kita tinggal, dan apapun yang terjadi dalam hidup kita. Bahkan daun pun tak akan terjatuh tanpa seizin Alloh. Terlepas dari usaha kita untuk membuat perubahan dalam hidup kita terkait dengan ayat Al Qur`an : “Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali mereka merubahnya”, maka segala usaha kita juga belum tentu dapat merubah takdir Alloh sampai Alloh mengizinkan hal tersebut terjadi.

Sebaiknya kita mengurangi penggunaan kata kebetulan dalam kamus kita, gunakanlah bahasa-bahasa yang mengikat Alloh dalam aktivitas kita, karena memang tak ada yang kebetulan di dunia ini, semuanya dengan dengan izin Alloh….

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda, inspirasiku...