Kamis, 05 Maret 2015 By: ArtiHapsari

Syila Lulus ASI Ekslusif





Siapa yang tidak bahagia melihat anak yang dikandungnya...ternyata sudah beranjak besar. Sudah mau mulai makan. Syila tidak seperti teman teman di kampungnya yang sudah diberi makan usia 4 bulan. Sebagai ibu yang berjuang sampai lulus asi ekslusif 6 bulan, bukan perkara mudah berada di lingkungan yang demikian, belum lagi provokasi dari pengasuh yang bilang kalo syila nangis seperti minta makan.. Helloooo....

Memang sih, sebagai emak kerja kantoran kaya aku kan ga bisa liat siang hari syila gimana, tapi terus aq beri pengertian ke pengasuh syila, bahwa syila insyaAlloh akan makan pas usia 6 bulan, jadi kalo lapar kasih asi aja... Alhamdulillah ibu mertua mendukung kepusan ku untuk 6 bulan mulai start memberi makan.

Bisa dibilang syila ini jagoan minum asi. satu hari ditinggal dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore menghabiskan rata rata 7 botol @ 80 ml, atau sekitar 550 ml setiap hari. Emaknya udah kaya sapi perah aja, sehari harus mendapat minimal 6 botol plus pagi hari merah dapat 1 botol.

Sebagai emak yang malas seperti aku, memilih metoda marmet untuk memerah merupakan pilihan tepat. Breastpump medela pun hanya dianggurkan aja, pernah sih mau mencoba pake pompa lagi, tapi malas banget kalo udahannya harus nyuci and mensterilkan. auuuuooooo...hehehe

Beberapa orang lebih suka pake pompa daripada marmet. Kalo kata aku sih, ya kalo memang lebih sukses make pompa kenapa harus marmet??? ahahahahah.. kalo buat aku yang malas, and suka ke lapangan pas jam kerja, marmet bisa menjadi pilihan tepat. Kan sakit??? ya iyalah...mau marmet ato dipompa, namanya asi dikeluarkan ya pasti sakit lah... cuman, kalo pake pompa sakit di bagian puting, kalo marmet di bagian PD nya karena diperah. Allakulihal, semua itu kalo udah terbiasa pasti cepat adaptasi kok. Ga ada sakit kalo udah terbiasa. Kunci sukses marmet cuman ada di LDR. Begitu kita bisa mancing LDR, maka asi pun akan langsung keluar lancar begitu diperah. Kelebihan marmet juga bisa mengosongkan PD sampai tetes terakhir...(itu juga kalo tangan ga pegel yaaa)..hehe

Di kantor aku memerah 3 kali sehari, masing masing cuman 10 menit. Ini salah satu kelebihan marmet. Cepet booooo... mancing LDR ga sampe 1 menit, kemudian memerah PD sampe kosong sekitar 160 ml dibagi dua. Memah jam 9, jam 12.30 dan jam 15.30. Ga lama, ga ribet, anad ga cuca cuci..

 "usahakan stok selalu berada pada posisi minimal seperti ini selama menyusui"
Buat emak emak yang lain, metoda apapun bisa dilakukan, yang penting asi bisa dikeluarkan..hehe.. Tidak perlu liat emak kanan kiri, cukup fokus aja ama kebutuhan anak kita. kalo sehari butuh 7 botol, ya mau ga mau kudu 7 botol perhari.

Pada sabtu dan minggu, jangan lupa juga untuk tetap memerah di pagi hari, selain untuk stok, juga untuk merangsang asi supaya tetap oke. Perjuangan belum selesai ya..setelah lulus asi ekslusif S1, harus lanjut untuk bisa lulus di S2 dan S3...Heheeeee... Selamat menjadi mama peraaaahhhh...:)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda, inspirasiku...