Senin, 26 September 2011 By: ArtiHapsari

AKHWAT PAKE BEHEL…


ALASAN PAKE BEHEL..

Saya adalah satu dari banyak akhwat yang memakai behel…jadi kalo ada komunitas akhwat pake behel…ngikut dah…soalnya bisa saling share. Tapi ternyata di dunia 5 G ni, masih ada beberapa di antara kita yang masih mempertanyakan hukum secara syariah…sebenernya sih pengen aja ku jawab : “search di mbah google and tanyakan pada hatimu”. Sepertinya jawaban itu cukup untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang hukum behel secara syari nya..

Tapi mungkin temen temen pengen tau alasan mengapa saya berbehel, kemudian dikorelasikan dengan kajian syar`inya gimana..yah mungkin begitu..

Saya sebenarnya udah pengen ngawat nih gigi dari jaman SD…karena saya amat menyadari sangat tidak nyaman dengan bentuk gigi yang maaph…”tidak bisa mingkem”. Ga tau asalnya kenapa, mungkin karena salah waktu ngedot dulu, faktor keturunan, atau entah lah..yang pasti rahang tidak bisa menutup, gigi atas terlalu “offside” dan gigi bawah sangat berantakan..

Hal seperti ini sangat tabu untuk diperbincangkan dulunya, karena maklum lah…ane kan perempuan, agak malu lah kalo kekurangan diri dikeluarkan. Tapi setelah merasakan ada perubahan setelah dibehel, dan sering juga share dengan para “bronjong” mania, so…hal hal seperti ini ga malu lagi dibincangkan.

Banyak kasus yang lebih parah dari saya, sebutlah temanku “AN”. Dia seorang laki laki yang pake bronjong karena giginya yang ampun dah…rahang kecil, gigi kebanyakan dan gede pula. Bisa dibayangin..tu gigi gimana berantakannya, ada juga yang tumbuhnya nyamping..Aq masih bersyukur, soalnya gigiku ga separah dia.

Berbagi pengalaman, ternyata membuahkan hasil diskusi, bahwa masyarakat kita jaman dulunya tidak pernah mengeluhkan gigi mereka karena memang tidak mau merasakannya, makanya dokter gigi jaman dulu tu ga laku..hehehe :)

Bukan karena sekarang banyak yang dijual dari dokter gigi, tapi karena masyarakat jaman sekarang melek informasi. Makanya banyak yang ramai pergi ke dokter gigi untuk bersihin karang gigi, sampai mbronjong gigi. Karena ngebehel gigi sekarang jadi tren, makanya orang orang yang giginya sebenarnya gak apa-apa, ngikut aja dibehel, tapi bukan di dokter..Tapi di TUKANG GIGI. Oh no…jangan ditiru…

Yah itulah sekilas info mengapa akhirnya aku memutuskan untuk membehel gigi. Dan megapa baru sekarang setelah behel itu trend, jadi seakan akan bias antara alasan kesehatan atau alasan trendi. Yah..jawabannya karena aku tau kalo behel itu MAHAL…so aku nunggu mampu buat ngebiayayin ni gigi mahal…High maintenance!

LURUSKAN NIAT

Kalo emang kita niatnya bener, pengen membuat gigi kita kembali ke jalan yang lurus, tidak membuat sakit kepala karena bolak balik sakit gigi, atau supaya ni gigi bisa nempel atara rahang atas ma rahang bawah..ya udah…luruskan niat aja.. pake dalil yang bener dan tanamkan niat yang lurus karena Alloh.

Di dalam agama kita, ada 3 macam takdir:

a. Takdir mutlak, yaitu takdir yang kita ga bisa menolaknya, seperti jenis kelamin, usia, kematian.

b. Takdir syar`i , yaitu takdir yang perlu campur tangan manusia untuk mengusahakannya, seperti urusan rezeki ma jodoh. Rezeki mah udah ada..tinggal gimana kita ngejemputnya, sama juga kalo kita lapar..kalo ni badan ga mau bergerak ambil piring ambil nasi ya ga makanlah..

Jodoh juga gitu..udah ada, tapi kalo kita ga ikhtiar ngejemput, minta sama Alloh..ya masih disimpen aja ma Alloh..hehehe (curcol buu)

c. Takdir qodo`i, yaitu takdir yang manusia dapat menentukan kebijakannya..contohnya kaya bayi lahir kembar siam, hermaprodit, wajah kena bakar yang perlu operasi plastik. Itu semua memerlukan kebijakan manusia dalam menentukan gimana baiknya, termasuk masalah ngebehel gigi. Manusia diberi kebijakan untuk turut menentukan gimana baiknya, tentunya dengan pertimbangan pertimbangan yang ada, seperti alasan kesehatan maupun biaya.

berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Allah melaknat para wanita yang mengikir gigi untuk berhias dan yang merubah ciptaan Allah”

Mengikir gigi merupakan perbuatan yang merubah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menyibukkan diri dengan perbuatan sia-sia yang tidak ada manfaatnya, dan hanya membuang-buang waktu yang seharusnya dipergunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat bagi manusia.

Perbuatan tersebut juga merupakan penipuan dan penggelapan serta menunjukkan kerdilnya manusia.

Ada juga sabda Nabi:
“Berobatlah wahai hamba Allah! karena sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit melainkan Ia telah menciptakan pula obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu tua.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Pake dalil yang ini aja, trus juga kalo ada yang bilang ngebehel gigi itu harus mengikir gigi ntu juga ga ada keharusan. Kalo disuruh ngikir ya bilang aja ke dokternya, jangan..Toh dokter muslim juga tau kok kalo ngikir tu haram kecuali alasan kesehatan.

Waktu si dokternya nyabut gigiku karena harus memundurkan gigi yang offside, dia bilang “kalo bukan karena ortho, mungkin tidak akan direkomendasikan cabut gigi deh “

Nah..tu kan, dokter tu tau yang baik tu gimana, makanya jangan asal pilih dokter.

PROSEDUR PAKE BEHEL.

Perlu diketahui oleh semuanya para anak muda yang ngaku gaul, tapi ga ngikutin prosedur yang baik, asal asalan ngebehel gigi yang penting asal murah…dengarkanlah…eh..bacalah nasehat dari saya tentang prosedur yang baik ketika kita emang berniat merapikan gigi.

1. Konsultasilah pada dokter Ortho aseli…

Ni yang sering terjebak…banyak iklan di pinggir jalan tentang pasang behel dengan harga murah alias sekita 1 jutaan…wah itu berbahaya, soalnya bukan malah bener tu gigi, malah tambah amburadul. Dokter gigi juga belum tentu dokter ortho, jadi pilih dokter yang berkualitas, tinggi jam terbangnya, dan kudu denger plus bukti testimony dari orang orang yang pernah ke dokter itu.

Satu dokter dengan dokter yang lain juga suka beda cerita. Ada cerita ni…

a. Temenku ke dokter gigi tapi bukan ortho yang menawarkan pasang gigi dengan cicilan murah, Cuma 3 juta, bisa dicicil sampai dia selesai pake behel. Tapi ya itu, prosedurnya beda, sekali datang langsung cabut gigi, pasang behel..nah lo…setauku kan harus ada prosedur awal dulu seperti pasang separator, cincin, ronsen gigi..tapi tahapan ini ga dilalui, alhasil, gigi malah tambah kacau ga karuan

b. Ada juga temen yang curhat, gigi dia jatuh miring karena waktu proses perapatan gigi yang dicabut, ternyata ga bisa rapat alias masih ada spasinya. Alhasil dunk, tu gigi jatuh miring miring..padalah dia pergi ke dokter gigi ortho loo

Banyak sih kasus yang lain, tapi ga usahlah, nti malah takutnya merusak citra dokter gigi :)

Intinya mah, bener bener harus cari DOKTER GIGI ORTHO YANG RECOMMENDED!

2. Ikuti prosedurnya

Kalo aku sih, gini cerita prosedurnya

a. Bersihin karang gigi

Langkah pertama harus scalling gigi, alias ngebersihin karang karang gigi yang naudzubillah..

b. Mencetak gigi

Ini dimaksudkan supaya dokter mempunyai data eksisting gigi kita. Dokter juga perlu semedi untuk menentukan letak titik titik behel, atau gimana ngakalin supaya gigi mau rapi. Soalnya kan ga mungkin kita disuruh mangap terus sambil nungu dokternya mikir..Juga bisa memberi penjelasan kepada pasien tentang perkembangan giginya dari bulan ke bulan. Kalo ga ada cetakan eksisting kan kita suka lupa bersyukur kalo gigi kita dulunya paraaahhhh…

c. Rontgen gigi

Ini wajib dilakukan, soalnya ini membantu dokter untuk melihat struktur rahang, struktur ggi. Bahkan si dokter juga mungkin baru tahu ada gigi yang tumbuh di gusi atas setelah dirontgen..Nah kalo gini kan dokter bisa melakukan tindakan medis pendahuluan. Gigi kita tu kan pusat syaraf, jadi ya jangan sampe salah cabut. Jangan salah ya, gigi manusia tu sebenarnya pada aneh aneh ada yang tumbuh d atas gusi, ada yang tumbuhnya ke samping. Jadi ronsen tu mutlak perlu dilewati.

d. Pasang separator.

Setelah 6 bulan menjalani pengawatan gigi, ternyata proses yang paling menyakitkan adalah pemasangan separator. Gimana ga sakit, ada daging yang nyelilit di gigi aja suakitnya minta ampun, gimana kalo ni gigi dikasih 4 separator selama 1 minggu. Ga bisa makan! Boro boro makan, nggerakin gigi aja Masya Alloh. Separator ini gunanya untuk membuat spasi di gigi yang nantinya akan dikasih cincin gigi. Cincin ini fungsinya sebagai tiang pancangnya kawat pas narik gigi. Ada beberapa dokter yang ga pake cincin, nah kalo ntu tu aku ga tau tu….:)

e. Cabut Gigi

Setelah dokter gigi semedi, dokter memanggil kita untuk proses selanjutnya, yaitu proses pencabutan gigi. Tiap orang jumlah yang dicabut beda beda, kalo aku dicabut dua di atas, dua di bawah. Jadi satu minggu ini dicabut dua gigi dulu, minggu depannya dua gigi lagi..

Maknyus dah…Pesen aja, sebelum cabut gigi, makan dulu..soalnya abis dicabut gigi, badan lemes..secara..gigi yang dicabut kan gigi sehat…

f. Pasang Breket dan cincin gigi

Yah…ini mungkin prosedur yang menenangkan, soalnya paling ngga penyiksaan demi penyiksaan itu telah terlewati. Selesai deh..

Pertama kali sih agak aneh, kaya ada yang nyempil di gigi..ya..sekitar 2 minggu lah penyesuaian dirinya. Kadang sariawan, lecet, ga bisa ngunyah…wah..kok aku nakut nakutin ya…??

Ga kok…aku kan cuman sharing ajah J

3. Nikmati prosesnya

Temen temen, kalo dibilang pake behel itu buat gaya gayaan…itu sama sekali ga berdasar. Karena kalo kita emang niat mau ngebehel dengan prosedur yang bener, sebenarnya amat tersiksa sekali. Gaya karena emang mahal. Tapi sakitnya luar biasa…Tapi nikmatilah…. Nurut Kalo dibilangin dokter, jangan bandhel. Karena emang banyak pantangannya, ga boleh menggigit jagung di gigi depan, jangan makan tulang, makan daging juga dipotong dulu.. So…pake behel itu perlu perjuangan! Bukan buat nggaya!

4. Rajin

Rajin gosok gigi pastinya, rajin control dokter buat ganti karet, atau kawat..

KHATIMAH

Dari ceritaku..paling ngga kan kalian tau bahwa dalam Islam tidak ada larangan untuk berobat, asal alasannya syar`I dan dilakukan oleh tenaga professional.

Dari ceritaku..paling ngga kalian tau, bahwa kita wajib bersyukur kalo kita dikasih gigi yang sehat, dan kita wajib berobat kalo kita merasa ada yang sakit dalam tubuh ini

Ini ceritaku…kalo ceritamu???

9 komentar:

fitri mengatakan...

makasih mb postinganya bagus sekali

Unknown mengatakan...

makasih atas infonya :)

dita mengatakan...

Bimbang suruh cabut ggi 1lgi (disuruh dokternya 2 ggi atas yg dicabut, wktu itu bru 1) tpi aku ga mau cabut ggi lgi. Kt dkter klo ga dicabut, ga bs mundur sempurna :'( cabut tidak yah?

ArtiHapsari mengatakan...

mba dita : betul itu...kan dokter punya peritungan..cabut gigi tidak sesakit perjuangan setelahnya...hehheeee:)

adhis tiara mengatakan...

hahaha lucu juga baca cerita kamuuu...
kok kalo aku malah pengen cabut lagi yah, pengen cabut 4 lagi, buat bikin kalung...hahaha
emang sih baru 6 bulan juga pasang behel,,,cuma seneng ajah kalo liat spasi di gigi di isi sama gigi depan,,,jadi ketagihan gitu,,,

ArtiHapsari mengatakan...

mba tiara : lucu ya??? itu kisahku 3,5 tahun yang lalu..hehehe

arsepta kurnia sandra mengatakan...

Mbaaak. Definisi mengikir gigi itu apa yah? Dulu saya pake behel pas sma. Untuk ngerapetin gigi yang maju. Dokternya gak nyabut. Tapi sisi sisi giginya dipotong gtu (di kikir). Apa itu mengikir mbak? T-T

ArtiHapsari mengatakan...

mungkin itu kikir gigi juga...hehe

Unknown mengatakan...

thanks infonya, setelah UN aku mau pasang behel. doa in lancarr

Posting Komentar

Komentar anda, inspirasiku...